Mengenal Bata Ringan: Pengertian, Keunggulan, Cara Pasang dan Harganya

Mengenal Bata Ringan: Pengertian, Keunggulan, Cara Pasang dan Harganya – Bata ringan merupakan salah satu bahan bangunan yang memiliki fungsi yang mirip dengan bata merah untuk pembuatan dinding. Dari luar, bahan dasar bata ringan hampir mirip dengan beton pada umumnya namun memiliki bobot yang lebih ringan.

Bahan Baku Bata ringan terdiri dari beton ringan, AAC  yang merupakan campuran antara pasir silika, semen, alumunium paste, dan juga bahan lainnya. Proses produksi bata ringan mengaplikasikan teknologi yang mengacu pada standar DIN dari Jerman sehingga produk bata ringan yang dihasilkan mempunyai standar mutu dan mutu yang baik.

distributor bata ringan merk focon

Keunggulan Bata Ringan

Lebih kuat dan lebih ringan. Struktur beton ringan tipe AAC ini menjadikan bangunan yang dihasilkan lebih tahan terhadap guncangan akibat gempa. Jika menggunakan bata biasa, akan semakin sulit untuk memperbaiki rumah dan menambah lantai, hal ini disebabkan karena dikhawatirkan strukturnya tidak akan kuat.

Pengangkutan material beton ringan lebih cepat. Karena ringan, transportasi dan transportasinya lebih mudah. Lebih presisi dan seragam dalam ukuran dan bentuk. Bata ringan tidak dibentuk dengan cara dicetak satu persatu, seperti bata merah atau balok beton. Bata ringan dipotong menggunakan mesin potong khusus agar ukuran dan bentuknya tepat.

Instalasi lebih cepat. Karena presisi, pemasangannya bisa menggunakan mortar atau perekat instan sehingga pengerjaan lebih mudah dan cepat sehingga biaya lebih hemat.

Rapi dan lebih bersih. Berbeda dengan cara pasang bata merah biasa yang memerlukan campuran mortar pasir dan semen, bata ringan hanya memerlukan semen instan yang dicampur sedikit air. Alhasil, pemasangan bata ringan membuat dinding akhir menjadi permukaan yang lebih bersih dan praktis, menghindari noda pasir yang berserakan.

Tidak perlu plesteran atau tidak perlu plesteran tebal. Bentuk bata ringan memiliki karakteristik yang sangat halus. Oleh karena itu tampilan bata ringan yang dipasang dengan sendirinya akan terlihat lebih rapi, hampir tidak perlu plesteran untuk bata ringan ini. Namun demikian, plesteran tetap harus dilakukan untuk menambah estetika dan melindungi material dinding dari resapan air hujan dan cuaca buruk.

Bekerja lebih cepat. Bata ringan memiliki ukuran per satuan yang lebih besar sehingga proses pembangunannya lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan bata merah yang ukurannya lebih kecil.  Dengan ukuran yang lebih besar yaitu 60 cm x 20 cm. Ketebalannya bervariasi, dari 7,5 cm hingga 15 cm.

Lebih sulit untuk dibakar. Beton ringan AAC merupakan jenis campuran beton yang tahan terhadap suhu tinggi sehingga bata ringan tersebut tahan api. Bangunan yang dihasilkan menjadi lebih sulit terbakar jika terjadi bencana kebakaran. Otomatis, luas areal yang terbakar akan dibatasi dan tidak meluas ke seluruh rumah atau bangunan.

Lebih kedap suara dan tahan air. Dikarenakan adanya rongga udara pada material bata ringan, maka jenis beton pracetak ini lebih kedap suara. Bata ringan yang diproduksi di pabrik juga diklaim lebih tahan air sehingga rumah akan lebih tahan terhadap cuaca hujan yang lembab.

Apa Kekurangan dari Bata Hebel?

Harganya pun lebih mahal. Sesuai dengan kualitas dan keunggulannya, bata ringan dibandrol dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan bata merah konvensional. Pembelian juga harus dalam jumlah banyak. Hal ini tentunya menambah biaya konstruksi yang harus dikeluarkan, apalagi jika dibutuhkan hanya untuk merenovasi beberapa bagian saja.

Membutuhkan Tukang Berpengalaman. Pemasangan bata ringan berbeda dari pasangan bata biasa. Roskam yang digunakan berbeda yaitu roskam bergigi. Oleh karena itu, dibutuhkan tukang yang lebih terampil dan berpengalaman dalam memasang bata ringan. Sebaiknya cek dulu apakah kontraktor yang digunakan sudah berpengalaman dalam memasang bata ringan tersebut.

Hanya Dijual Di Toko Atau Grosir. Sayangnya hingga saat ini light bricks hanya dapat ditemukan di department store bahan bangunan atau toko distributor besar. Kontraktor yang biasanya memesan batu bata dari penjual biasa kini harus beralih ke toko besar tersebut.

Membutuhkan Perekat Khusus Yang Lebih Mahal. Untuk memasang bata ringan diperlukan perekat yang berbeda yaitu mortar atau semen instan khusus. Harga bata ringan tentu lebih mahal jika dibandingkan mortar biasa, campuran semen dan pasir. Jika bata ringan ini terlalu basah karena hujan, proses pengeringannya akan lebih lama.

distributor bata ringan merk focon

Cara Pasang Bata Ringan

Selain mengenal tentang bata ringan, kami juga menjelaskan cara memasang bata ringan, yaitu sama dengan cara memasang bata merah atau balok beton yaitu dengan cara selang-seling. Perbedaannya hanya pada campuran perekat dimana bata merah menggunakan adonan perekat semen instan.

Berikut Cara Memasang Bata Ringan

Jika sloof dan kolom sudah disiapkan maka pemasangan bata ringan diawali dengan mengacu pada papan profil serta ulir yang diukur sesuai dengan tinggi bata ringan, misalnya 40 cm artinya memasang dua baris secara memanjang. Siapkan papan profil di kedua ujung dinding, yang keduanya harus tegak lurus dan dibelokkan. Ukur kedua sisi papan dan timbang menggunakan selang tingkat tinggi.

Pasang benang lalu ukur sesuai tinggi bata ringan, misalnya tinggi bata ringan 25 cm, maka tinggi ulir harus ditambah sekitar 0,5 cm yaitu menjadi 25,5 cm. Bata ringan bisa ditaburi terlebih dahulu atau siapkan kuas dan seember air untuk melembabkan permukaan atas dan bawah bata ringan terlebih dahulu, menghilangkan debu yang menempel.

Siapkan alat potong, bisa gergaji yang tidak lagi digunakan untuk kayu atau gergaji besi. Siapkan adonan semen instan atau perekat semen (mortar), campur dengan air, dan aduk rata hingga membentuk pasta kental. Ambil dengan sendok kecil semen dan poles permukaan sloof jika baru mulai menginstal di bagian bawah dan terapkan di permukaan atas bata ringan untuk pemasangan lebih lanjut.

Ratakan dengan tebal 2-3 mm. Tempatkan bata ringan di atasnya campur pers sebelumnya dan gunakan palu karet. Coba luruskan utas di samping di atasnyadengan sangat rapi. Pemasangan bata ringan jangan sampai terlalu tinggi dulu sebelum nat mengering. Cor pada kolom agar pasangan dinding terkunci dan kuat.

Berapa Harga Bata Ringan?

Harga Bata Ringan

Salah satu merk bata ringan adalah Broco. Bata ringan Broco juga dikenal sebagai salah satu merk bata ringan yang memiliki sifat termal yang baik, sehingga cocok diaplikasikan untuk penghematan energi. Merk bata ringan ini kini mulai banyak diminati karena dimensi potongan yang presisi membuat permukaan terlihat rapi.

Pemotongan yang presisi dan permukaan yang rapi ini setidaknya akan mempercepat proses pembangunan rumah karena dapat mengurangi waktu, tenaga, dan bahan finishing yang digunakan. Selain itu, bata ringan merk Broco ini juga sudah dilengkapi sertifikasi ramah lingkungan.

Bata ringan merk Broco per kubik ini dijual dengan harga sekitar Rp. 600.000, – hingga Rp. 800.000, – sedangkan harga satuan bata ringan hanya berkisar Rp. 10.000, – saja. Demikian ulasan lengkap tentang mengenal bata ringan: pengertian, keunggulan, cara pasang dan harganya semoga dengan ulasan ini anda dapat lebih mengenal bata ringan dengan baik.

Selain bata ringan merk Broco, terdapat juga merk bata ringan yang sangat laris dipasaran, yaitu bata ringan merk citicon. Terlampir dari website resmi bata ringan Citicon, merk Citicon ini bisa dibilang produk bata ringan pertama di Jawa TImur dan sampai sekarang sangat laris dipasaran, terutama di Jawa Tengah.

Harga bata ringan merk Citicon di Toko Bangunan Didi Jaya Gemuh relatif lebih murah, selain kami adalah toko besar, kami juga salah satu distributor bata ringan di Jawa Tengah. Harga bata ringan merk Citicon yaitu Rp 560,000 dan siap antar keseluruh wilayah Jawa Tengah menggunakan armada truk dari kami.

Jika anda ingin beli bata ringan di kami, silahkan hubungi kami melalui whatsapp di halaman berikut ini > hubungi kami <

distributor bata ringan citicon